Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Negatif Penggunaan TikTok yang Berlebihan

SiagaBanjir.org - TikTok kini menjadi aplikasi sosial media yang sangat populer dan digandrungi hampir semua pengguna Smartphone. Meskipun dulu sempat bermasalah di Indonesia, namun semua akan TikTok pada waktunya.

dampak negatif menggunakan tiktok

Selain Youtube, banyak orang yang juga rajin membuat content di TikTok mengingat pengguna TikTok memang sangat aktif. Namun konten-konten di TikTok ini jika diperhatikan sangat liar, kenapa begitu?

  • Semua jenis konten bisa tampil di akun TikTok kita,
  • Konten-konten viral tentang hal-hal negatif bertebaran,
  • Banyak sekali konten vulg*r

Dan masih ada beberapa alasan lain tentunya.

Nah, lalu apa saja dampak negatif menggunakan TikTok terutama untuk anak kecil dan remaja? berikut ini ulasannya:

1. Membuat Malas beraktivitas

TikTok merupakan platform video pendek yang otomatis kita sebagai pengguna hanya membutuhkan waktu sebentar untuk menonton 1 konten, nah hal inilah yang membuat banyak pengguna pada akhirnya terus-terusan menonton video-video yang lain sampai akhirnya lupa waktu.

Tidak seperti di Youtube misalnya yang menyajikan video katakanlah Podcast 1 Jam, setelah nonton sampai selesai ya sudah, rasanya sudah cukup, tapi kalau di TikTok, kita seakan-akan baru sebentar menonton video meskipun sudah lama menonton video-video yang ada, ya itu karena faktor durasi video yang pendek sehingga membuat kita seperti tidak terasa.

2. Terlalu Banyak menelan Informasi

TikTok sangat update dengan berbagai hal viral yang terjadi dengan berbagai Topik konten, jika terlalu banyak hal viral yang kita tonton, itu justru kurang baik karena terlalu banyak informasi apalagi jika kontennya berupa berita-berita yang membuat emosi.

Terlalu banyak yang kita lihat seolah-olah dunia kacau banget, coba bayangin kalau kita tidak terlalu update, hidup tentram di dunia nyata tanpa dicampuri terlalu banyak berita dari luar.

3. Boros Kuota Internet

Sebagai aplikasi yang hanya menampilkan konten video, tentu saja konsumsi paket kuota di aplikasi TikTok sangatlah tinggi, berbeda dengan aplikasi seperti Instagram yang masih mending banyak konten foto-foto, kalau di TikTok semua video dan kita tidak bisa menentukan kualitas video sehingga jika terlalu sering menggunakan TikTok maka konsumsi kuota kita juga akan naik drastis dan ini tidak baik untuk kesehatan finansial kita, hehe.

Baca Juga: Jadwal FYP TikTok Hari Ini

Itulah beberapa efek atau dampak negatif menggunakan TikTok secara berlebihan, namun TikTok bukanlah aplikasi tanpa kelebihan, TikTok saat ini digunakan banyak orang untuk mendapatkan penghasilan seperti endorse, mengiklankan produk/jasa sendiri, dan masih banyak lagi. Semua tergantung pengguna itu sendiri bagaimana memanfaatkan platform ini.